//
you're reading...
Leadership, Lingkungan, Perubahan

What Is Leadership?

Jusman Syafii Djamal

Apa yang dimaksud dengan Leadership. Banyak yang bertanya tentang itu. Apa beda Pemimpin dan Manajer. Juga banyak anak muda sering keliru. Area atau wilayah tupoksi Kepemimpinan adalah berkaitan dengan Inovasi dan Inisiatip. To Lead adalah To Innovate. Memimpin berarti menemukan celah terobosan atau jalan baru dan tatacara baru menembus kebuntuan. Jika kita menhadapi pada situasi stagnasi, pertumbuhan yang negatip yang akan membawa kita ke jurang krisis, kita memerlukan Pemimpin. Yang mampu menyalakan lilin diujung terowongan yang gelap. Pemimpin yang mampu ambil inisiatip dan membangkitkan harapan masa depan yang baik.

Sementara bidang tupoksi manajemen berbicara tentang cara mencapai sasaran tepat waktu dan sesuai benchmark yang ditentukan. Manajemen selalu berupaya menerapkan standard operating procedure agar pekerjaan dilakukan dengan disiplin baku untuk memanfaatkan sumber daya yang serba terbatas secara optimal.

Karenanya, Kepemimpinan memerlukan daya kreatif, kemampuan adaptasi,dan lincah trengginas menyambut perubahan zaman. Sebab Fokus pemimpin pada cakrawala masa depan bukan sekedar soal angka untung rugi dalam neraca.

Growth in profit adalah fokus leader. Profit in growth adalah tugas manajer.

Tiap Pemimpin memerlukan teamwork dan manajer yang mumpuni.Karenanya menemukan “talenta terbaik”, “primus interpares” mereka yang terbaik dari para ahli adalah salah satu seni kepemimpinan yang perlu dikuasai.

Tugas manajer yang baik adalah mengerjakan segala sesuatu dengan baik dan benar. Tugas pemimpin mengerjakan hal yang benar secara jauh lebih baik. Mengerjakan sesuatu dengan benar memerlukan visi, impian, jalan yang akan ditempuh, sasaran yang akan dituju, target dan mencapai hal yang tak mungkin dalam waktu terbatas.

Manajemen berfokus pada efisiensi. Kepemimpinan mendasarkan tindakannya pada efektivitas. Manajemen berbicara tentang tatacara untuk menjawab pertanyaan :”Bagaimana ?” , Sementara kepemimpinan berorientasi pada persoalan yang dimulai dengan pertanyaan Mengapa begini dan Apa yang sedang terjadi ?

Manajemen berkaitan dengan sistem, kendali, prosedur dan kebijakan. Kepemimpinan berada dalam ruang lingkup mengelola Trust, Manusia dan Kemanusiaan.

Leadership is all about innovating and initiating. Management is about copying and managing the status quo.

Leadership is creative, adaptive, and agile. Leadership looks at the horizon, not just at the bottom line. A good manager does things right. A leader does the right things. Doing the right things implies a goal, a direction, an objective, a vision, a dream, a path, a reach.

Managing is about efficiency. Leading is about effectiveness. Managing is about how. Leading is about what and why.

Management is about systems, controls, procedures, policies, structure. Leadership is about trust and about people.”

Ken Shelton : Beyond Counterfeit Leadership, How You Can Become A More Authentic Leader

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: