//
you're reading...
kuliah, Pendidikan, Review

Ayo PTN Top Sulitkan Pemberian Nilaimu!

Ferizal Ramli
Maret 20, 2016

Seorang sahabat saya yang brilyant, dosen PTN top, cukup terbelak bahwa IPK rata-rata mahasiswa di Indonesia itu 3,5!

Saya saat pulang ke Indonesia dan lihat proses perekruitan sebuah perusahaan juga tercengang: lulusan PTN Top UGM, UI, ITB itu IPK-nya berjibung diatas 3,5 dan banyak yang cum laude.

Yang membuat saya kaget adalah kemampuannya biasa-2 saja. Ndak ada yang membuat istimewa sehingga IPK-nya harus perlu 3,5 ke atas.

Kemampuan teorinya biasa saja, pemahamannya pada literatur asing sederhana saja, pemahaman atas persolan dan problem solving biasa aja. Jika IPK-nya 2,1-2,5 saya malah anggap itu bagus. Jadi antara nilai dan kualitas bisa dipercaya. Mereka pantas dengan nilai segitu karena memang mereka berkualitas standard. Maksudnya standard PTN Top kita!

Tapi klo IPK 3,5 keatas itu mereka harusnya extraordinary bahkan istimewa untuk ukuran PTN top kita. Mereka harus bisa tunjukkan extraordinary. Sayangnya kualitas mereka biasa-biasa aja dan standard.

Nah, penilaian obral murah ini berbahaya. Ini membuat generasi muda intelektual kita tidak bisa mengukur dirinya yang sebenarnya. Mereka pikir mereka hebat karena nilai diobral mudah diraih, yang terjadi sesungguhnya mereka biasa2 saja.

Ini membuat mereka tidak aware bahwa di belahan dunia sebelah sana, para kompetitornya harus kerja keras untuk sekedar mendapatkan raihan nilai: lulus! Untuk dapat lulus saja para mahasiwa di belahan bumi sana yang menjadi kompetitornya harus berjuang sampai batas kemampuan terluarnya. Berjibaku jungkir balik demi untuk dapat nilai lulus (alias 2 klo pakai standard kita).

Buat Para Petinggi terutama 3 PTN top yang menjadi “Trend-Setter” kualitas Universitas kita; mohon setting ulang sistem grading di universitas anda semua. Buat untuk dapat lulus dengan nilai 2,0 itu adalah memang mereka yang pantas lulus. Harus ada kerja keras untuk dapat lulus nilai 2,0. Jangan jadikan IPK 3,5 itu adalah nilai rata2 seluruh mahasiswa.

Untuk Pemerintah, HILANGKAN syarat adaministrasi masuk PNS dengan IPK 2,5. Itu syarat pembodohan yang membuat PT jadi obral nilai karena takut lulusannya tidak lolos syarat administrasi.

Harapannya ke depan PTN top lainnya akan ikut untuk tidak memberi nilai obral. Pada akhirnya semua PTN dan PTS akan ikut sistem grading yang benar2 mewakili kualitas mahasiswa sesungguhnya.

Jangan nina-bobok-an mahasiswa kita dengan nilai obral. Spirit fighter mereka akan melempem. Ingat mereka harus bertarung di Pasar Ekonomi ASEAN. Mereka harus disiapkan seperti pasukan komandon yang perlu berjuang keras untuk dapat baret komandonya!

Dari Tepian Lembah Sungai Elbe

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: