//
you're reading...
Human being, Kajian, Motivasi, Pendidikan

Masuk Surga Sekeluarga

Bersama Ustad Bahtiar Nasir
Kajian “Majelis Keluarga” di Masjid Al Aqsha, Delatinos BSD

Jika liburan, makan di restoran, rasanya tidak enak kalau hanya berangkat sendiri. Yang asyik itu adalah melakukan kegiatan bersama keluarga. Maka, bayangkan betapa bahagia dan nyamannya ketika bisa masuk bersama sama dengan keluarga kita. Suami bertemu istrinya, orang tua bertemu anaknya. Semua menikmati kenikmatan surga tanpa batas.
Rumah sebagai tempat tinggal bersama haruslah sebuah rumah yang membawa penghuninya merasakan seperti surga.

Saling menyayangi, saling menasehati, saling menjaga. Usahakan untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan anak sesibuk apapun anda. Komunikasi yang terbangun adalah komunikasi berkualitas. Komunikasi orang tua ke anak tidak hanya kata perintah “makan!, tidur!, mandi!”

Namun komunikasi yang menyampaikan pesan seperti “tahukah kamu, kenapa shalat itu penting? Sholat itu ibarat email yang akan mengirimkan doa-doa. Jika engkau tidak shalat, maka bagaimana mungkin doamu terkirim.”

🌟Dalam Al Quran, anak dibagi 4:

1. Rezeki/Perhiasan
QS. Al-Kahfi 46
“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

2. Fitnah / Cobaan
QS. Al Anfal 28
وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَآ أَمْوَٰلُكُمْ وَأَوْلَٰدُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ عِندَهُۥٓ أَجْرٌ عَظِيمٌ ﴿٢٨﴾
“Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.”(Q.S.8:28)

3. Musuh
QS. Ath Thaghabun 14
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّ مِنْ أَزْوَٰجِكُمْ وَأَوْلَٰدِكُمْ عَدُوًّا لَّكُمْ فَٱحْذَرُوهُمْ ۚ وَإِن تَعْفُوا۟ وَتَصْفَحُوا۟ وَتَغْفِرُوا۟ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ ﴿١٤﴾
“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu maafkan dan kamu santuni serta ampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”(Q.S.64:14)

4. Permata hati
QS. Al Furqon 74:
وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا ﴿٧٤﴾
“Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”” (Q.S.25:74)

♦Semua permasalahan sosial di dalam hidup ini penyebab utamanya adalah keluarga yg dimotori oleh Ayah yg tidak bisa menjadi pemimpin dalam keluarga (tidak bisa menjadi seorang ayah dan suami).

▶ Bagaimana menjadi Orang Tua yg Baik menurut Al Quran, yaitu menjadi orang yg Beriman.
Hal ini dijelaskan dalam Surat At Thuur 21
وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُم بِإِيمَٰنٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَآ أَلَتْنَٰهُم مِّنْ عَمَلِهِم مِّن شَىْءٍ ۚ كُلُّ ٱمْرِئٍۭ بِمَا كَسَبَ رَهِينٌ ﴿٢١﴾
“Dan orang-orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga), dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakannya.”
(Q.S.52:21)

🔸Prinsip mencari tempat tinggal adalah pilih tetangga dan dekat dengan rumah Allah.
Lalu ciptakan ruang yang menguatkan keinginan seluruh anggota keluarga. Bukan ruang dengan audio dentuman musik, home theater yang canggih, mini bar penyedia segala minuman. Tapi ciptakan ruang yang menjadi mihrab bagi setiap anggota keluarganya. Karena Nabi Zakariya dan Maryam pun didatangi oleh malaikat saat bersujud di mihrab.
Mihrab tempat sholat berjamaah, mihrab tempat sujud dan setiap hamba dekat dengan Nya.
Mihrab adalah tempat segala doa terpanjat, tempat segala resah berlabuh, tempat segala duka tertumpah, tempat hati terbasuh sehinggga bisa memiliki kekuatan untuk terus istiqomah meniti jalan menuju surga.

♦Jadilah orang tua yg yg Soleh dan Beriman sehingga keluarga juga ikut soleh.
Ar Ra’d 23
جَنَّٰتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَن صَلَحَ مِنْ ءَابَآئِهِمْ وَأَزْوَٰجِهِمْ وَذُرِّيَّٰتِهِمْ ۖ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِم مِّن كُلِّ بَابٍ ﴿٢٣﴾
“(yaitu) surga-surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya bersama dengan orang yang saleh dari nenek moyangnya, pasangan-pasangannya, dan anak cucunya, sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;” (Q.S.13:23)

Ketika ayah meninggalkan rumah mengucapkan “Bismillaahi tawakkaltu ‘alallohi” sambil menitipkan istri dan anak hanya pada Allah.
Istri ketika melepas suami, menbaca doa “Kutitipkan suamiku hanya pada Allah”.
Meninggalkan rumah diiringi dengan salam, memasuki rumah diawali dengan salam.
🔹Bacaan masuk rumah apabila tidak ada orang “assalamualaina waala ibadishalih”
🔹Bacaan masuk suatu tempat Assalamualaikum masyaallah la hawla wala quwata illa billah (al kahfi 39)
وَلَوْلَآ إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا ﴿٣٩﴾
“Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan “Māsyā Allāh, lā quwwata illā billāh” (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.”(Q.S.18:39)
➡ Salah Satu Rahasia Surga ada dalam surat As sajadah 17:
فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَّآ أُخْفِىَ لَهُم مِّن قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَآءًۢ بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ ﴿١٧﴾
“Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.”
(Q.S.32:17)

♦Agar bisa masuk surga sekeluarga maka harus saling mengingatkan satu sama lain, Visi Keluarga.
Membawa Keluarga Menuju Surga Seharusnya Menjadi Visi Setiap Keluarga Muslim, dan yang sangat berperan adalah Seorang Ayah karena ia Pemimpin Keluarga.
Visi “Menuju Surga” harus sering disampaikan kepada anggota keluarga agar selalu Ingat tentang Tujuan bersama. Visi itu menjadi Ruh yang mewarnai aktivitas sehari hari.
At Thur 25 – 26
وَأَقْبَلَ بَعْضُهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ يَتَسَآءَلُونَ ﴿٢٥﴾
“Dan sebagian mereka berhadap-hadapan satu sama lain saling bertegur sapa. “(Q.S.52:25)
قَالُوٓا۟ إِنَّا كُنَّا قَبْلُ فِىٓ أَهْلِنَا مُشْفِقِينَ ﴿٢٦﴾
“Mereka berkata, “Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab). ” (Q.S.52:26)
⭐Visi Keluarga adalah Harus Menjauhkan Keluarga dari Api Neraka.
At Tahrim 06
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ ﴿٦﴾
“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. ” (Q.S.66:6)

Wallahuallam
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
“Maha Suci Engkau Ya Allah dan segala puji bagi bagi-Mu, tidak ada Rabb yang berhak disembah selain Engkau. Aku memohon ampunan dan taubat kepada-Mu”

🔷 Ringkasan Kajian Majelis Keluarga bersama Ustad Bachtiar Nasir “Masuk Surga Sekeluarga”
21 Rabiul Akhir 1437 H / 31 Januari 2016
Supported by AQL Islamic Center & Kokoh Keluarga Indonesia.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: