//
you're reading...
Human being, Lingkungan, Pendidikan

Seri Pengetahuan Home Reading 4 : Buku Buku untuk Bayi

Buku Buku untuk bayi

Oleh Hernowo

 

“Bayi akan merespons warna dan bentuk sejak mereka membuka mata pertama kali. Tampaknya dua titik dan sebuah garis dalam lingkaran—sebuah wajah—akan selalu mendapatkan reaksi. Lagu-lagu, sajak, dan senandung akan mencerahkan dunia mereka pula,” tulis Paul Jennings dalam The Reading Bug… And How You Can Help Your Child to Catch It (Penguin Books, Australia, 2003)—edisi terjemahan buku ini pernah diterbitkan oleh Penerbit MLC, Bandung, dengan judul Agar Anak Anda Tertular “Virus” Membaca (April 2006).

 

Siapa Paul Jennings? Paul Jennings adalah fenomena dalam dunia buku anak-anak. Sejak penerbitan karyanya, Unreal, pada 1985, dia telah menghibur anak-anak segala usia dengan kisah-kisahnya yang aneh dan fantastis. Buku-buku anak ciptaannya telah mendorong anak-anak cakap dan getol membaca. Jennings telah dipilih menjadi “penulis favorit” oleh anak-anak di Australia lebih dari 40 kali. Jennings telah menulis lebih dari seratus cerita dan penjualan buku-bukunya melampaui 6,7 juta kopi.

 

 

Daftar buku untuk bayi saya temukan di bab terakhir, “Bab 12: Buku Cemerlang—Layak Dimiliki”, The Reading Bug. Jennings memilihkan buku-buku yang layak baca untuk para orangtua yang ingin putra-putrinya dapat membiasakan membaca sejak dini. Selain buku untuk bayi, Jennings juga memberikan daftar buku untuk anak prasekolah,  kelas 1 SD, kelas 2 SD, kelas 3-4 SD, kelas 5-6 SD hingga 1 SMP, dan untuk SMP. Daftar buku tersebut dikelompokkan menjadi dua bagian: buku cerita dan buku nonfiksi. Istimewanya, Jennings tak hanya mendaftar judul dan pengarang buku tetapi juga memberikan ringkasan isinya. Panduan Jennings ini sangat memudahkan orangtua untuk memilih buku yang cocok untuk dicicipi sang buah hati.

 

Daftar buku yang disusun Paul Jennings—yang diletakkan dalam sebuah subjudul yang sangat menarik: “Berburu Harta Karun”—tentu saja berbahasa Inggris. Di era digital seperti saat ini, daftar buku tersebut jelas sangat menguntungkan karena dapat dilacak dan, kemungkinan besar, diperoleh lewat dunia maya (internet). “Setelah anak-anak keranjingan membaca buku, berburu harta karun buku akan menjadi bagian dari kehidupan mereka. Akhir bahagia cerita kita adalah mengetahui bahwa ke mana pun mereka pergi, anak yang tersesat di dunia buku akan selalu menemukan jalan pulang,” pesan Jennings.

 

Berikut adalah contoh beberapa buku yang ada di daftar yang disusun Paul Jennings beserta penjelasan ringkasnya. Saya hitung jumlah yang direkomendasikan Jennings untuk buku yang dapat dikonsumsi para bayi berjumlah tiga puluh buku. Ada buku-buku yang diterbitkan khusus di wilayah Australia da nada juga yang diterbitkan secara internasional. Tiga contoh buku yang saya berikan di bawah ini saya sertakan pula dengan link Youtube dan toko bukunya (Amazon atau Barnes&Noble):

 

1. The ABC Book of Nursery Rhymes, ABC BOOKS

 

 

“Sajak dan lagu anak-anak popular, ilustrasi oleh tiga belas seniman papan atas Australia,” kata Jennings. Saya coba cek lewat mesin pencari Google, jenis buku ini sangat kaya dan serinya banyak sekali. Anda dapat mengeceknya pula di Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=fT2PH-13uto. Siapa tahu dapat diputar di laptop atau iPad atau . Untuk buku cetaknya, coba dilihat di sini: http://www.barnesandnoble.com/w/abc-nursery-rhymes-kim-mitzo-thompson/1104702912?ean=2940012841612.

 

2. The Brave ones, Tony Kerins, WALKER

 

 

“Polly, Jim, Big Eric, Barker, dan Birdy TIDAK begitu berani dan Clancy kecil mempunyai kejutan besar untuk mereka. Teks indah seperti nyanyian. Akan mengingatkan Anda pada puisi terkenal C.J. Dennis,” kata Jennings. Buku ini ada di sini: http://www.amazon.com/The-Brave-Ones-Giggle-Club/dp/0763601233.

 

3. First Thing First, Charlotte Vaake, WALKER

 

 

“Gambar, rima, dan kata-kata digabungkan untuk mencerminkan pengalaman pertama anak belajar,” kata Jennings. Dapat dilihat di sini: http:

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: