//
you're reading...
Human being, Life style, Lingkungan, Motivasi, Pendidikan

Serial Pengetahuan “Home Reading” 3 Kid’s Reading Journal: Catatan Pencinta Buku

Oleh Hernowo

 

 

Sejak hari pertama, setiap malam atau pagi sebelum sekolah, saya isi kolom kecil di buku itu dengan judul buku, komentar saya dan Adzra tentang isi buku, dan apresiasi Adzra tentang buku itu dalam bentuk smiley. Saya anggap ini sebagai sarana mengamati diri sendiri, apakah saya sisihkan waktu untuk bercerita tiap hari, merekam resepsi Adzra, bagaimana proses interaksi kami, apakah saya yang selalu bercerita, ataukah Adzra ikut ambil peran membaca ceritanya melalui gambar. Dalam waktu dua minggu pertama, melihat lengkapnya kolom harian yang saya isi, rasanya seperti pencapaian luar biasa bagi saya. Ternyata dalam waktu 14 hari saja, sudah 14 cerita berbeda yang kami baca. Sebagian sudah pernah dibaca Adzra sehingga dialah yang gantian bercerita.

—Pengalaman “home reading” Ibu Pratiwi

 

Mengapa kegiatan “home reading” (membaca cerita dari artikel atau buku) perlu direkam? Kegiatan “home reading” perlu direkam atau dicatat (dalam bahasa saya: “diikat”) karena kegiatan ini tidak mudah untuk dibiasakan secara kontinu dan konsisten setiap hari. Kehidupan keluarga pada era digital seperti saat ini sudah sangat padat. Mereka disibukkan dengan banyak sekali kegiatan, khususnya yang terkait dengan televisi, HP, iPad, dan semacamnya. Menuliskan hasil “home reading” akan menghentikan sejenak kesibukan tersebut dan membantu kita merenungkan semua itu.

 

Seperti kisah Ibu Pratiwi bersama putranya, Adzra, yang telah melakukannya: akan ada hasil yang tak terduga dan, mungkin, luar biasa apabila rekaman tersebut sudah mampu dilakukan selama satu atau dua minggu (dalam kisah Ibu Pratiwi: 14 hari). Yang jelas, kekayaan pikiran seorang anak akan bertambah sebagaimana yang tampil di catatan tersebut. Kepercayaan diri si anak juga akan meningkat ketika dia berkesempatan bersosialisasi di sekolah atau di tempat lain di luar rumah. Orangtua, khususnya dalam hal ini Ibu Pratiwi, akan merasa telah melakukan sesuatu yang penting dan berharga bagi karier pendidikan sang anak sejak usia mereka masih kecil—ini sebentuk tanggung jawab sebagai orangtua yang diberi amanah oleh-Nya untuk mengasuh makhluk yang berbahasa dan berjiwa. Dan sebagainya.

 

Ketika menuliskan hal-hal di atas, saya teringat buku yang dibuat sahabat saya di Mizan, Yuliani Liputo, yang terbit pada Juni 2009. Buku karya Yuliani Liputo itu berjudul Kid’s Reading Journal: Catatan Pencinta Buku. Buku ini dapat digunakan oleh para orangtua untuk membantu putra-putrinya dalam menuliskan judul artikel atau buku, nama penulis, atau pendapat si anak terhadap hal-hal yang dibacanya usai si anak melakukan kegiatan membaca. Yang sangat menarik, di dalam jurnal tersebut Yuliani Liputo juga melengkapi materi buku dengan profil pengarang buku favorit anak dunia, daftar buku bacaan anak yang layak untuk dibaca, dan lembaran stiker bintang untuk memberi nilai pada buku yang sudah dibaca. Selain itu semua, Yuliani juga melengkapi “jurnal”-nya dengan kutipan-kutipan dari para tokoh tentang buku, membaca, dan menulis yang mengilhami.

 

Saya tahu benar siapa Yuliani Liputo. Yuliani adalah penerjemah buku-buku berbahasa Inggris yang piawai, pembaca buku yang “rakus”, dan ketika mempersiapkan “jurnal”-nya tersebut dia memiliki dua anak yang masih kecil. Saya senantiasa merekomendasikan karya Yuliani tersebut kepada setiap orangtua yang ingin membiasakan putra-putrinya melakukan kegiatan membaca sejak dini. “Jurnal”-nya tersebut bagai pelita yang memberikan cahaya ketika kita, para orangtua, tertatih-tatih dalam mengajak anak-anak kita untuk mau dan mampu membaca di tengah banjir dan keberlimpahan informasi visual yang diproduksi oleh dunia maya.

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: