//
you're reading...
Human being, Pendidikan, Renungan

Mengapa Anda Menjadi AyahBunda?

Mengapa Anda Menjadi AyahBunda?

Harry Santosa – Millenaial Learning Center

Sesungguhnya menjadi AyahBunda pada ghalibnya bukan kehendak kita. Kita bisa saja berkehendak, namun Allah swt yg mengamanahkan peran ini kepada kita.

Berapa banyak orang yg ingin menjadi AyahBunda, namun tdk dikaruniai anak selama bertahun tahun bahkan sampai akhir hayatnya. Berapa banyak orang yg menjadi AyahBunda dengan mengadopsi anak, namun mengalami banyak kendala sampai akhirnya berhasil atau gagal mendapatkannya. Bahkan berapa banyak orang yg hati dan fitrahnya terkubur selamanya utk tidak berminat menjadi AyahBunda.

Lalu ketika Allah swt memberi amanah peran kpd kita sbg AyahBunda, berapa banyak diantara kita yg melalaikannya, meragukan kemampuan dirinya, meragukan amanah yg diberikan kepadanya, merasa gamang menjalani perannya sbg ayahbunda.

Lihatlah berapa banyak AyahBunda yg menitipkan anak2nya yg belum aqilbaligh dalam jangka panjang, mengasramakannya sebelum waktunya, menyerahkan sepenuhnya pd lembaga dstnya.

Sebaliknya, ketika Allah swt memberi amanah kpd kita sbg AyahBunda, berapa banyak diantara kita yg merasakan bhw kitalah yg menciptakan anak2 kita, kitalah yg paling berhak menentukan masa depannya, kitalah yg paling tahu tujuan diciptakannya anak2 kita.

Lihatlah berapa banyak orangtua yg obsesif, ambisius mencetak anak2nya seperti apa yg diinginkannya bukan spt yg Allah kehendaki dari anak2nya. Bukankah setiap anak dilahirkan unik dan memiliki peran uniknya masing2 di dunia ini?

Dua kondisi ekstrim dari makhluk yg diberi amanah sbg AyahBunda, yaitu ekstrim terlalu ragu pd kemampuan diri dan ekstrim terlalu yakin pd kemampuan diri. Ekstrim pertama melahirkan sikap pesimis dan lepas tangan, sedangkan ekstrim kedua melahirkan sikap obsesif dan melampaui tuhan.

Maka, jauhkanlah kegamangan dan ketidakpercayaan diri, dan juga keobsesifan dan keambisian diri.

Mengapa kita diberi amanah sbg AyahBunda?

Karena Allah swt tidak lalai, Allah Maha Tahu bahwa kita mampu.
Namun Allah juga Maha Adil, bahwa untuk menjalani amanah itu kita tdk perlu ragu maupun obsesif, karena kita dan anak2 kita sdh diberi kemudahan2, baik yg terpasang berupa fitrah dalam diri kita dan anak2 kita maupun yg dijaminkan dari rizqi dan karuniaNya yg akan dicurahkan.

Bahkan ketahuilah, menjadi AyahBunda akan memperbaiki fitrah2 kita yg menyimpang dan bahkan sdh lama terkubur. Berapa banyak orang yg menjadi semakin dekat, semakin bersyukur dan semakin taubat kpd Allah, mereka kembali kpd fitrahnya krn menjadi AyahBunda.

Maka mengapa anda menjadi AyahBunda? Karena Allah swt begitu percaya kepada anda. Rilekslah, optimislah dan teruslah konsisten menumbuhkan potensi fitrah2 yg ada.

Menjadi AyahBunda adalah panggilan hidup kita , panggilan jiwa kita, panggilan peradaban masa depan dan yg pasti adalah panggilan Ilahi.

Salam Pendidikan peradaban

#‎pendidikanberbasispotensi‬
‪#‎pendidikanberbasisfitrah‬ dan akhlak
‪#‎gradasisaga‬

About ekoharsono

Just a simple person....that's all

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: